Labels

Home » » Perang Dunia Maya Meluas

Perang Dunia Maya Meluas

Menurut laporan yang ditulis di laman situs VOA.Com, bahwa Direktur VOA David Ensor mengecaam keras apa yang dilakukan Tiongkok terhadap siaran Radio VOA tersebut. Menurut David Ensor, bahwa Tiongkok sejak  bulan terakhir ini sudah melakukan pengacakan siaran VOA sehingga sanagat  mengganggu siaran radio yang berbasis di Washington tersebut. Karenanya, tutur David Ensor lagi ia sedang berupaya untuk mencari para ahli guna mencari  lokasi gangguan tersebut.

Hubungan AS dan Tiongkok  kelihatannya  semakain tegang, tidak hanya terkait dukungan Washington terhadap seteru Tiongkok dalam sengketa perairannya di laut China Timur tetapi sekarang sudah meluas kedunia maya. Beberapa bulan lalu Mardiant mengumumkan, bahwa berbagai situs komputer perusahaan dan Pemerintah AS sudah sejak tahun 2007  diretas oleh para hacker Tiongkok.

Namun dekimian Juru bicara Kementerian Luar negeri Tiongkok,Hong Ley membantahnya dnegan keras, serta balik menuding justeru banyak peretas yang berbasis di AS yang sudah lama meretas berbagai situs kompeter Tiongkok. Padahal menurut Mardiant, bahwa  pusat peretas itu sudah diketahui lokasinya di Shang hai dekat pusat tentara pemebebasan rakyat Tiongkok.

Sekarang  Direktur VOA David Ensor menuding  rejim komunis Tiongkok itu  tidaka hanya  mengacak - ngacak siaran VOA dalam bahasa Mandarin, tetapi sekarang juga melakukan hal serupa terhadap siaran VOA  dalam bahasa Inggris, tururnya. Hak menyiarkan suatu arus informasi bebas merupakan suatu hak universal sifatnya, karenanya VOA akan tetap melanjutkan dan menyediakan informasi dalam siarannya secara berimbang.

Sementara  itu siaran BBC London juga mendapat perlakuan serupa ,dimana  rejim komunis terbesar dunia mengacak-ngacaknya juga sehingga siaran Radio BBC itu sangat terganggu sebagaimana ahalnya VOA . Menurut pihak BBC London,bahwa  mereka memang belum mengetahui siapa yang melakukannya tetapi  jika mengamati upaya-upaya yang dilakukannya begitu terencana dan canggih tentunya  memerlukan  sumber daya manusia yang  memadai untuk itu yang hanya bisa dipenuhi oleh negara Tiongkok .

Kelihatannya berbagai siaran dalam bahasa Inggris yang ditujukan ke Tiongkok akan mengalami nasib serupa,setelah sebelumnya  siaran-siaran dalam bahasa mandarin di acak-acak juga oleh Beijing,dan bukan hanya VOA dan BBC tetapi siaran Radio Australia, ABC  juga sudah terkena dampaknya. Tiongkok memang sangat terganggu dengan siaran-siaran  media semacam itu,yanag bisa menyebabkan keroposnya ideologi komunis rejim Beijing. Apa yang dialkuakan Tiongkok terhadasp siaran  VOA, BBC, ABC juga pernah dilakukan  oleh rejim Orde lama terhadap siaran-siaran radio radio dari Barat termasuk Malaysia  saat  konfrontasi tahun 1960-an.

Hal  itu dilakukan oleh sebuah pemerintahan sekiranya dianggap siaran-siaran radio, internet dan media lainnya bisa merusak  kepentingan  pemnguasa setempat. Semakin banyak  warga  negaranya mendengar dan terpengaruh media asing maka semakin pudar pula jati diri banagsa yang bersangkutan. Dalam konteks inilah sebuah pemerintahan mengambil tindakan serupa itu, dengan memblokir situs-situs, mengacak siaran-siaran media elektronika, menyensornya sesuatu yang dianaggap berbahaya bagi ideologi politik negara bersangkutan.

0 comments:

Post a Comment